Saturday, August 02, 2008

Kepala pun Ketinggalan

KELAS 2 SD

Ummi: Ayo bangun, ntar keburu telat, lho!

Aku (F): Siangan aja, ‘kan libur.

Ummi: Libur apaan? Wong kalender nggak merah gitu, kok?

F: Pokoknya kemaren Bu Guru bilang hari ini libur… zzz….

Ummi: (Bingung, mendatangi Bu Guru yang tinggal tepat di belakang rumah kami, kemudian balik lagi) Fith, ayo buruan mandi sana, Bu Guru bilang liburnya besok, bukan hari ini!

 

KELAS 1 SMP

Hari pertama masuk SMP. Pas nungguin kakakku, mau pulang barengan, ketemu dengan sesama murid baru, gadis pendiam banget. Abis kenalan, ngobrol ngalor ngidul, sekitar 10 menitan, aku nanya ke dia,”Eh, maaf, tadi namamu siapa, ya? Lupa lagi….”

 

KELAS 2 SMA

Entah kenapa, jumlah payung di rumah menyusut terus. Pas kelas sedang bubaran, tiba2 Pak Guru Sejarah yang tinggal di mess sekolah nyamperin kelasku dengan muka sewot,”Terus terang aja, deh… siapa sih yang suka buang2 payung di kelas ini? Dalam seminggu ini ada 3 payung ketinggalan di sini. Buat yang ngerasa ketinggalan, tolong cek ke rumah saya sekarang juga!”

Karena diajakin temen2, maka kita bersebelas (11 murid wanita dari total 50 murid kelas 2A1.1 saat itu) rame2 ke rumah si Bapak. Dan ternyata… ketiga payung itu semuanya milikku!

 

KULIAH DI UNPAD

A: Fith, liat si X, nggak?

F: Nggak, tuh, kenapa?

A: Kalo ketemu si X, bilangin ya…(sampe sekarang aku nggak inget pesennya apa).

F: OK, Insya Allah.

Aku pun berjalan menuju gerbang kampus, yang jaraknya tidak sampai 50 meter dari tempatku bertemu si A. Dan... ketemulah aku dengan si X.

F: X, ada pesen dari si A, tuh!

X: Oya, apa katanya?

F: Dia bilang…(mikir lama) waduh, lupa, euy… buruan ke ruang R aja deh, si A tadi di sana, kok! (Catat: beda waktu antara ketemu si A dan si X tidak sampai 5 menit!)

 

TAHUN PERTAMA BEKERJA

Saat itu kena paratyphus, jadi kudu minum obat anti mual 30 menit sebelum makan, 3x1. Pas obat ini tinggal sebutir, entah kenapa, lupa melulu minumnya, selalu ngeliat si obat setelah makan dengan sukses. Walhasil, bukannya 3x1, jadinya malah 1x3, karena si obat ini baru sukses diminum setelah 3 hari, itupun setelah tanteku meletakkannya di atas tutup gelasku!

 

MENJELANG KE KANTOR

F: Miii, kacamataku di mana? (Dan langsung disambut kehebohan seisi rumah, mencari kacamataku).

Ummi: Lho, di deket jendela nggak ada? ‘Kan biasanya di situ?

F: (Melihat ke arah jendela yang bagian atasnya terbuka) Nggak ada, duh, di mana, ya?

Setelah adik, kakak, dan Ummi mencari di pelbagai tempat sambil saling bersahutan menanyakan ketemu atau tidaknya sang kacamata, aku (yang kebagian mencari di kamar) pun berkata: Ya udah deh, nggak ada juga nggak papa, wong sekarang aku bisa ngeliat jelas, kok! (sambil kesenengan dalam hati, ‘Tumben ya, bisa ngeliat dedaunan jelas begini’) Terus ngeliat ke arah kaca, niatnya ngebenerin kerudung.

F: Ketemuuu!

Ummi, kakak, adik: Di mana?

F: Itu… (sambil menunjuk ke kaca dengan nyengir lebar… ke kacamata yang nangkring dengan indahnya di hidungku!).

Ummi, kakak, adik: Dasaaaaar!!!! (diikuti dengan grundelan panjang pendek).

 

DI SAITAMA

Pergi naik sepeda, pulang jalan kaki. Pas besoknya mau ngampus, baru nyadar, kalo si sepeda nggak ada di parkiran, jadi jalan super ngebut ke kampus. Dan ternyata… si sepeda nginep semalem di kampus!

 

DI CHIBA

Ceritanya lagi masak makaroni schotel. Setelah adonan dituang ke pinggan tahan panas, jadi bingung. Biasanya dengan adonan yang sama, pinggan ini terisi penuh, tapi kok kali ini cuman setengahnya. Pas ngecek semua bahan, baru ngeh kalo ternyata si makaroni ini masih duduk manis di saringan, di samping kompor! Jadilah akhirnya tuh adonan dimasak ulang, plus ekstra mencuci ulang si pinggan tahan panas tadi, hiks!

 

PAS NONTON IKLAN OBAT PENINGKAT DAYA INGAT

Kakak: Fith, beli itu aja, biar pelupamu sembuh!

Adik: (sambil nyengir lebar) Percuma, mubazir… ada obatnya juga, belum tentu dia inget buat minumnya! (disambut tawa lepas semuanya, termasuk aku).

Ummi: Fith…Fith, kamu itu masih muda kok ya pelupanya kebangetan! Kalo tuh kepala nggak nempel ke leher, udah ketinggalan dari kapan, ‘kali!!

***

(Dari sini)

Nishi Chiba, 25 Juli 2008 (setelah lupa lagi nyampein titipan temenku tadi malem)

* Jumlah setoran meningkat pesat, daya ingat semakin melambat*