Friday, October 03, 2008

Idul Fithri Pertamaku di Chiba - 1 Oktober 2008 (1)




Berhubung aku rajin mudik tiap lebaran, jadilah tahun ini Idul Fithri pertamaku di Chiba. Pagi-pagi pk. 06.30, aku dan Indri dijemput oleh keluarga Dian untuk sholat Ied bareng di masjid Hiroo, dekat Roppongi (yang merangkap sebagai pusat Bahasa Arab milik Kedubes Saudi Arabia di Jepun ini).

Sampai di sana sekitar pk. 07.45, dan lt.2 tempat jamaah wanita masih lengang. Jadilah kita dapet tempat di baris paling kanan depan. TV yang menayangkan sholat serta khotbah di bagian pria terletak tepat di sebelah kananku. Sementara itu sudah terdengar takbir dari para jamaah pria yang terlantun khidmat, membuat rasa haru segera menyeruak begitu menginjak ruangan ini. Aku pun segera mengambil wudhu, yang letaknya di lantai itu juga… bersih dan nyaman banget. Nggak berapa lama, teman2 Dian dateng, dan kita nambah banyak temen baru, deh hari itu:). Setelah wudhu, aku pun asyik jepret2, dan ternyata memori kameraku penuh setelah 2 jepretan:(. Jadilah akhirnya sang HP beraksi, mengabadikan suasana sholat hari itu.

Sebelum sholat, ada pembicara yang berbicara 2 bahasa: Jepang dan Arab, hiks:(. Jadinya yah… gak ngerti, lah… sempet mikir juga kenapa nggak make Bhs. Inggris, tapi ya sudahlah…udah bisa sholat Ied di tempat yang nyaman ini aja udah Alhamdulillah banget. Soalnya kalo sholat di KBRI, kabarnya penuh sesak, jadi udah males duluan, deh:(. Setelah si pembicara ini, yang ditutup doa (aku tahunya karena mendadak terdengar suara “Amin…amin..” dari jamaah pria di lt. 1), lantunan takbir kembali bergema, hingga sekitar pk. 08.10, kami memulai sholat, disambung dengan khotbah yang, lagi2, dalam Bhs. Arab dan Jepun:). Sementara itu, seorang ibu menyebarkan kurma kepada semua jamaah. Selesai khotbah, kami pun bersalam2an, kemudian mengantri ke ruangan di mana tersedia berbagai jenis makanan ringan (yang sebenarnya nggak ringan2 banget:D).

Entah kenapa, hari itu aku nggak berminat dengan yang manis2, jadilah aku sekedar mengambil snack asin, melewatkan deretan kue manis yang penampilannya sangat menggoda (kecuali african gateau yang taburan coklatnya membuatku luluh lantak…*halah:D*) dan salah satunya adalah pastel isi daging kambing:P.

Setelah beres ngantri makanan, kami pun kembali ke ruangan di samping tempat sholat tadi, dan makan basamo sambil memperhatikan para makhluk mungil dari berbagai negara yang wajah dan tingkahnya sangat menggemaskan;P. Setelah foto2 bareng, kami pun kembali ke rumah, siap2 untuk menghadiri open house di rumah Dian sore harinya.

To Dian’s family: thanks banget udah menghadirkan suasana Idul Fithri seutuhnya di tahun ini…. Jazakumullah khairan katsiran:).

(Bersambung, euy… aplotnya ntar Insya Allah pas setoran beres, ya….:)).

***

Selamat Idul Fithri 1429 H, taqoballah minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum... mohon maaf lahir dan bathin:).