Monday, December 23, 2019

Command Center 112-Pemkot Surabaya

~Fithriyah Abubakar~

Waktu kecil dulu, saya pernah memimpikan adanya hotline semacam 911 di Indonesia (iya, saya sudah hobi nonton film Holiwud sejak zaman TVRI masih sendiri😁). Alhamdulillah, masih bisa mengalami adanya 112 di Surabaya ini.

Awal Desember lalu, saya sempat bertemu dengan BPBL (Badan Penanggulangan Bencana dan Linmas) & Dinas Kominfo-Pemkot Sby. Pihak BPBL-Penanggung jawab Command Center 112 ini, bertugas menerima semua panggilan via 112, dan menyalurkannya kepada instansi terkait. Rata-rata jumlah panggilan adalah 5.000/hari, dari seluruh penjuru kota Surabaya. Jenis panggilan sangat bervariasi. Mulai dari yang paling ringan seperti cincin nyangkut di jari, kucing ngabur/hilang/nyangkut di atas pohon, sampai yang berat seperti tindakan kriminal/bunuh diri/evakuasi bencana/kebakaran. Mirip sekali dengan kisah2 di film serial 911 yang sedang tayang di salah satu TV Amrik!

Bu Risma mencanangkan waktu respon panggilan maksimal 7 menit. Semua layanan yang disediakan 112 ini GRATIS, bahkan untuk pengantaran dengan mobil ambulan bagi yang membutuhkan pelayanan segera ke RS (sakit/kecelakaan/bencana).

Di samping itu, BPBL juga menyediakan pelatihan kesiapsiagaan bencana dan simulasi kebakaran bagi warga Surabaya, secara cuma-cuma. Jumlah peserta pelatihan kebencanaan/simulasi kebakaran ini minimal 20 orang (kalau saya tidak salah ingat).

Caranya? Cukup ajukan surat permohonan pelatihan kebencanaan/simulasi kebakaran (pilih yang paling diperlukan), dengan mencantumkan:
- jumlah dan profil peserta (pelajar/pegawai/lansia, dsb.);
- tanggal dan waktu pelaksanaan;
- lokasi pelaksanaan; dan
- nomor kontak PJ acara tersebut.
Pihak BPBL akan segera konfirmasi ke pihak pengundang, begitu surat diterima. Selama ini mereka juga telah melakukan simulasi gempa & kebakaran untuk sekolah & perkantoran, terutama yang berlokasi di gedung bertingkat.

Command center seperti ini jelas memerlukan koordinasi & kesiapan yang solid dari seluruh pihak. Barakallah fiikum untuk Bu Risma dan tim yang telah mewujudkan layanan yang sangat dibutuhkan masyarakat ini, hanya Allah SWT yang dapat membalas kebaikan Bapak Ibu semua🙏. Semoga layanan CC 112 ini dapat berjalan secara berkesinambungan dan semakin baik dalam merespon kebutuhan masyarakat kota Surabaya, siapa pun walikotanya nanti (sayangnya masa jabatan Bu Risma tidak boleh diperpanjang lagi😢).

Insya Allah layanan masyarakat sejenis dapat direplikasi di kota2 lainnya. Demi terwujudnya pelayanan bagi masyarakat NKRI yang lebih baik, dan menjadi SDM Indonesia yang unggul-lahir batin, dunia akhirat, & mental-spiritual🙏💙@fa.

Info terkait CC 112 ini dapat dibaca juga di:
https://m.detik.com/news/berita-jawa-timur/d-4830818/diajak-kelililng-mal-pelayanan-publik-dprd-dki-terkesan-command-center-112

NB:
Sekadar mengingatkan, layanan 112 ini HANYA UNTUK KONDISI DARURAT. Jangan memanfaatkannya untuk hal2 yang masih dapat kita atasi sendiri, hanya karena layanan ini tak berbayar. Ingat, ada orang lain yang benar2 membutuhkan layanan tersebut, jadi jangan pernah menyalahgunakannya untuk keuntungan pribadi@fa.
~24-12-'19~