Friday, September 28, 2007

ORSJ National Conference & Farewell - (27-28 September 2007)




Alhamdulillah, akhirnya presentasi hari ini berakhir juga. Presentasi pertamaku di konferensi, sekaligus satu2nya presenter asing, karena peserta lainnya Jepang semua;D. Agak2 krisis PD hari ini, karena akan mempresentasikan tentang Tokyo ke orang Jepang, hehehe;). Kalau presentasinya tentang Indonesia, sih...so pasti PD abis;P.

Acara ini merupakan rangkaian dari ORSJ (Operations Research Society of Japan) 50th Anniversary, yang kali ini diadakan di kampusku, GRIPS, karena sang Vice President ORSJ ini adalah dosen pembimbing sekaligus Vice President GRIPS.

Hari pertama diisi dengan presentasi di pagi dan sore hari, plus International Session di siangnya, yang menampilkan para pendekar OR dari manca negara: RRC(yang kujemput kemaren;P) , Filipina, AS, dan Korea.

Hari kedua, hanya dipenuhi oleh presentasi, termasuk diriku yang kesripahan jadwal pagi: 09.50-10.10, hiks;(. Berkat jadwal ini pulalah, aku jadi bisa menyaksikan suasana pagi di Roppongi yang masih sepi, jam 08.00, dan hanya dipenuhi oleh taxi serta mobil2 minuman pengisi vending machine;).

Total presenter 91 orang, dan dibagi dalam 6 ruangan paralel di hari pertama, serta 7 ruang paralel di hari kedua. Di ruangan dan sesiku ini, hanya diriku seorang yang ber-English ria...lainnya Japanese, jadinya daku mengheningkan cipta dan merenungkan makna sambil menunggu presentasi mereka. Untungnya senseiku maklum, jadinya aku gak harus "hilang" di tengah lautan kanji ini berlama2, cukup sampe sesi pertama berakhir di 10.30.

Alhamdulillah, presentasi berjalan dengan lancar, cuman sayangnya, dari 40-an orang yang hadir, yang nanya kok cuman 2 orang aja, ya? Tadinya kupikir kendala bahasa, tapi ternyata pas presenter sebelum dan sesudahku yg orang Jepang asli, pertanyaannya malah hanya muncul dari 1 orang doang;(. Apa memang orang Jepang jarang nanya di forum2 seperti ini, ya?

Setelah itu, sambil menunggu sensei dari Osaka, aku bertemu dan foto2 dgn seniorku dari Bangladesh, yang baru saja lulus PhD minggu lalu, dan akan pulang besok (jadi pengen cepet lulus, nih...;(). Yang lucu banget anaknya, si Rayyan...asli pemalu abis, dan senyumnya wah...nggak kuku, hihihi:P.

Oya, di foto terakhir ada OOT lagi, gara2 kemaren nemu penertiban parkir di Roppongi Dori oleh kedua orang berkostum hijau-biru ini. Segitu dulu...mau menebus tidur yang kurang, gara2 4 hari belakangan ini terpaksa tidur pagi dan bangun pagi pula, hehehe....