Sunday, August 05, 2007

Nekat Bertanya, Pusing di Jalan

Jadi inget kejadian ini gara-gara obrolan di perjalanan pulang pasca per-kembang api-an kemaren.

Kejadiannya di Saitama, minggu pertama kehadiranku di Jepang, tahun 1999. Waktu itu aku hanya kenal 3 kata dalam Bahasa Jepang: arigato (terima kasih), konnichiwa (selamat siang), dan sayonara (selamat tinggal). Begitu dateng, nambah satu kata sakti dari temen2 Saidai: sumimasen (bisa berarti maaf atau permisi). Yah, karena program studiku dalam Bhs. Inggris, jadinya pihak Monbusho merasa tidak perlu untuk memberikan kursus Bhs. Jepang sebelum kuliah.

Ceritanya, saat itu aku harus ke bank lokal, yang berdasarkan instruksi temen, berada tepat di seberang Mc D. Karena dia bilang tempat ini deket banget, cuman sekitar 15 menit jalan kaki dari kampus, maka dengan tenangnya aku pun berangkat sendiri.

Ini kali pertama aku berjalan sendiri ke area luar kampus, karena hari-hari sebelumnya disibukkan dengan pekan orientasi. Parahnya, waktu itu gak kepikir untuk minta temen supaya digambarin denahnya, hingga akhirnya, setelah berjalan beberapa waktu, aku bingung. Berada di  tempat asing, dengan berbagai tulisan ajaib yang tak dapat kubaca, ditambah dengan bahasa yang tak kumengerti pula… lengkaplah sudah penderitaan!

Akhirnya aku melihat seorang cowok Jepang (J) yang sepertinya anak kuliahan, lewat di depanku yang sedang berdiri kebingungan. Aku pun menghampirinya dan bertanya.

F: Sumimasen, where is Mc Donalds?

J: Eeee? (dengan ekspresi bingung dan mendekatkan telinganya ke arahku).

F: MAC-DO-NALDS! (dengan suara lebih keras, kupikir dia kurang jelas karena jalanan lumayan rame waktu itu).

J: Eeee? (dengan ekspresi sama, semakin mendekatkan telinganya).

F: (bingung sesaat) MAC-DEE? Where is it?

J: Eeee? (dengan suara lebih keras pula).

F: (semakin bingung, nyoba lagi) MAC-DO-NALDS!

J: Eeee?

F: (Waduh, masa sih cowok kayak dia gak tau McD? Mulai bingung, kudu ngapain lagi. Nama si boneka kuning yang suka nongkrong di McD itu pun aku gak tahu! Akhirnya keinget sesuatu) BIG M! (sambil tanganku membentuk huruf M lambang McD).

J: (berpikir sejenak) Aaaaa … Makudonarudo*)! (sambil tersenyum lebar dan mengangguk-angguk).

F: Heeeeh?!? *gabruuks*

Hiks…jauh banget, sih, Mas!!!

***

*) = tulisan di kiri atas gambar

(dari sini)

Nishi Chiba, 5 Agustus 2007 (17.17 JST)

* Setelah beres makan siang…*